Pengertian Jaringan Komputer Dan Media Transmisi- APK MOD

Pengertian Jaringan Komputer Dan Media Transmisi- APK MOD - APK MOD, Free download Pengertian Jaringan Komputer Dan Media Transmisi- APK MOD .

APK : Pengertian Jaringan Komputer Dan Media Transmisi- APK MOD

lihat juga


Pengertian Jaringan Komputer Dan Media Transmisi- APK MOD

Artikel Knowledge,
Selamat malam sobat semua, pada malam yang dingin kali ini saya akan share info tentang Pengertian Jaringan Komputer dan Media Transmisinya, Nah Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Yang dimana jaringan ini merupakan hal penting di dalam sebuah perusahaan, misal kalau di perusahaan tidak ada jaringan komputer pastinya bingung kalau mau sharing-sharing file dari computer 1 ke computer yang lainnya, sehingga dibuatlah Jaringan Komputer

Sejarah Jaringan Komputer - Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.

Baca Juga : Cara Membuat Link Download Di Blog Terbaru 2016

Klasifikasi Jaringan Komputer Terbagi Menjadi :
  1. Berdasarkan Geografisnya Jaringan Komputer Terbagi Menjadi 3 bagian yaitu LAN, MAN, WAN
    • LAN
      Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
    • MAN
      Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
    • WAN
      Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

      Jaringan WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
       
Media Transmisi - Media Transmisi merupakan peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon, komputer, televisi, dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya. Ada 3 macam yang digunakan sebagai media transmisi yang di kenal dengan kabel jaringan
  1. Twisted Pair
    Twisted Pair adalah sebuah bentuk kabel yang dua konduktornya digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit tak terlindung (UTP cables), dan wicara silang (crosstalk) di antara pasangan kabel yang berdekatan.
  2. Coaxial
    kabel Coaxial dapat didefinisikan sebagai sarana penyalir atau pengalirhantar (transmitter) yang bertugas menyalurkan setiap informasi yang telah diubah menjadi sinyal–sinyal listrik.
  3. Fiber Optic
    Merupakan saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED.
Mungkin itu saja dari saya mengenai Pengertian Jaringan Komputer ini, terima kasih atas kunjungan anda dan semoga bermanfaat


    Pengertian Jaringan Komputer Dan Media Transmisi- APK MOD

    Download APK Pengertian Jaringan Komputer Dan Media Transmisi- APK MOD .
    Free Download APK Pengertian Jaringan Komputer Dan Media Transmisi- APK MOD

    Anda sedang membaca artikel Pengertian Jaringan Komputer Dan Media Transmisi- APK MOD dan artikel ini url permalinknya adalah https://apk-modfree.blogspot.com/2016/02/pengertian-jaringan-komputer-dan-media.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

    Tag : ,
    >

    0 Response to "Pengertian Jaringan Komputer Dan Media Transmisi- APK MOD "

    Posting Komentar